vrijdag 20 maart 2009

Harsutejo: PROF DR BOB HERING DAN SEJARAH 1965

PROF DR BOB HERING dan SEJARAH 1965
Ikut berdukacita atas kepergian sejarawan tersebut, semoga jejak langkahnya dapat kita pelajari bersama. Dapat saya sampaikan bahwa saya penerjemah karya beliau "Soekarno - Founding Father of Indonesia (1901-1945)" , Leiden 2002. Terjemahan dalam bahasa Indonesia dengan judul "Soekarno Bapak Indonesia Merdeka, Sebuah Biografi 1901-1945", diterbitkan oleh Hasta Mitra 2003. Saya tambahkan bahan penerjemahan tersebut berasal dari print out komputer penulisnya yang belum diedit oleh KITLV yang dikirimkan kepada Bung Joesoef Isak ketika belum terbit di negeri Belanda.Buku yang telah terbit tersebut merupakan bagian pertama dari biografi yang ditulisnya, sedang bagian keduanya berjudul “Soekarno – The Presidential Years, August 17, 1945 – June 21, 1970”. Ketika sedang menerjemahkan buku di atas saya juga menerima dari Bung Joesoef bagian keduanya yang baru meliputi “Prologue” dan “Chapter One” (yang tidak lengkap) sebanyak 38 halaman. Ketika itu Pak Bob Hering sedang menyelesaikan karyanya itu, tapi kemudian dalam keadaan sakit-sakitan. Bung Joesoef pernah menyatakan kepada saya ia pesimis beliau akan dapat menyelesaikannya.Sebagai penerjemah bukunya (buku yang sebelumnya saya terjemahkan, “MH Thamrin and His Quest for Indonesian Nationhood 1917-1941”) saya dapat merasakan betapa almarhum Prof Dr Bob Hering telah melakukan penelitian sangat luas dan mendalam terhadap segala macam dokumen di berbagai negeri, mewawancarai ratusan orang dekat Bung Karno, kawan dan lawannya serta pihak-pihak yang mengenalnya atau pernah kontak dengan BK di sepanjang hidup BK, orang Indonesia maupun asing. Dari situ dapat saya simpulkan almarhum tentunya juga telah melakukan penelitian luas seputar tragedi 1965, utamanya yang berhubungan dengan BK.Mengingat pentingnya buku bagian kedua yang meliputi sejarah tragedi 1965, maka kepada teman-teman di negeri Belanda khususnya, juga kepada Pak Jaap Erkelens dari KITLV yang lama berdinas di Jakarta, saya himbau untuk dapat melacaknya. Jika belum selesai ditulis, barangkali ada pihak yang dapat meneruskannya (?). Beliau menyatakan bahan-bahannya telah lengkap.

Bekasi, 21 Maret 2009
Salam,
Harsutejo.-

Sumber: Milis Nasional (nasional-list), 21.03.2009 21:09

Geen opmerkingen:

Een reactie posten