vrijdag 20 maart 2009

LPK'65: SELAMAT JALAN BP. PROF. DR. BOB HERING!

SELAMAT JALAN BP. PROF. DR BOB HERING!

Seluruh anggota dan pendukung Lembaga Pembela Korban 1965 (LPK’65), Nederland, turut mengucapkan duka cita mendalam atas meninggalnya Bp. Prof. DR. Bob Hering, tanggal 18 Maret 2009 di kota Stein (Limburg, Nederland).

Sebagai indonesianist semasa hidupnya Bp. Bob Hering banyak mencurahkan tenaga dalam penilitian sekitar biografi politik Soekarno. Kwalitas keilmuan almarhum tidak diragukan, sehingga keobyektifan tulisannya yang berorientasi Indonesia mengenai Soekarno terjamin pula. Inilah yang membedakan dengan para indonesianist lainnya yang berorientasi Barat, di mana tulisan-tulisannya tak luput dari subyektifisme- politik dengan arah memojokkan dan mendiskreditir Soekarno.

Bp. Bob Hering bahkan menghormati dan mengagumi tokoh politik nasional dan internasional Soekarno. Pembentukan Yayasan Soekarno, di mana almarhum sendiri sebagai Ketuanya sampai akhir hayatnya, merupakan satu cerminan dari hal tersebut di atas. Bagi masyarakat Indonesia di Negeri Belanda adalah suatu kenangan yang membanggakan ketika almarhum menghadiri Peringatan 100 Tahun Bung Karno di Amsterdam, Nederland dengan memakai kursi roda dan didampingi Ibu Netty Hering. Padahal jarak antara Amsterdam dan Stein memakan waktu berjam-jam perjalanan dengan mobil.

Karya-karya Bp. Bob Hering akan melengkapi khazanah sejarah politik Soekarno. Dan Bangsa Indonesia layak berterima kasih karenanya. Semoga arwah Bp. Bob Hering diterima Tuhan YME dengan limpahan kasih sayangNya. Dan semoga Ibu Netty dan keluarga besar Bob Hering tetap sabar dan tabah menghadapi peristiwa tersebut. Sekali lagi kami ucapkan duka cita yang mendalam.

Selamat jalan Bpk. Prof. DR. Bob Hering, jasa-jasamu kami kenang!

Nederland, 20 Maret 2009

Lembaga Pembela Korban 1965 (LPK’65), Nederland
MD Kartaprawira (Ketua Umum), Suranto Pronowardojo (Sekretaris I)

Geen opmerkingen:

Een reactie posten